Kamis, 16 Juli 2015

Tips sehat saat berlebaran

Selamat Hari Raya Idul Fitri


Tidak terasa hari ini sudah berlebaran dan sudah satu bulan berpuasa.Pastinya setiap lebaran itu identik dengan banyaknya makanan yang terbuat dari daging,santan dan lain-lain.Kebanyakan orang cenderung tidak bisa mengatur pola makan saat berlebaran karena perubahan pola makan yang drastis.Akhirnya dapat mengganggu kesehatan di kemudian hari.Nah bagaimana caranya?Berikut tips sehat dalam berlebaran.

  • Makan dalam porsi cukup
 
Menu saat lebaran itu kebanyakan terbuat daging dan santan.Jika mengkonsumsi makanan yang terbuat dari bahan santan secara berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh.Juga kalau mengkonsumsi makanan berbahan daging secara berlebihan menyebabkan mual atau lebih parahnya menyebabkan batu ginjal.Oleh karena itu perlu menjaga porsi makan saat berlebaran.

  • Minum air putih
 
 
Minum air banyak manfaatnya seperti menjaga cairan tubuh,mengatur metabolisme,meningkatkan sistem peredaran darah,meningkatkan energi dan lain lain.Di anjurkan meminum air putih secukupnya untuk menjaga kesehatan saat berlebaran.
  • Istirahat yang cukup
 
 
Bersilaturahmi seharian membuat tubuh kelelahan dan perlu beristirahat untuk memulihkan energi.Salah satunya dengan cara tidur tapi terkadang silaturahmi bisa sampai semalaman.Gunakan waktu luang untuk beristirahat.
 
Sekian tips sehat saat berlebaran dan lebaran itu bukan sebagai ajang "balas dendam" karena bulan Ramadhan kemarin tapi sebagai bersilaturahmi dan bermaafan kepada sesama manusia lainnya.

minal aidin wal faizin
Mohon Maaf Lahir dan Batin

0 komentar:

Posting Komentar