Selasa, 14 Juli 2015

Gangguan kesehatan yang di alami gamer

Selamat Pagi/Siang/Malam

Di sini saya akan membicarakan tentang gangguan kesehatan yang di alami oleh gamer dari biasa sampai akut.Siapa sih yang tidak kenal gamer.Orang identik dengan kebiasan bermain video game dalam waktu yang lama.Yah tidak heran kalau gamer itu terkena gangguan kesehatan karena kebiasannya sendiri dari yang ringan sampai menyebabkan kematian.



1.Playstasion Thumb
 Penyebabnya karena terlalu lamanya penggunaan jempol atau ibu jari dalam menekan D-Pad.Hal ini di tandai dengan kekakuan,mati rasa,dan kesemutan pada ibu jari.Kalau di biarkan terus menerus akan menyebabkan kelumpuhan dan perubahan fisik pada ibu jari.Jika tanda tanda itu terjadi,lebih baik tangan anda harus di istirahatkan sampai tanda itu menghilang.

2.Tetris Efect



Tetris adalah game retro legendaris yang membutuhkan ketelitian dan konsentrasi membuat game ini menjadi daya tarik tersendiri.Tapi jika terlalu lama bermain game ini akan menyebabkan seseorang berfantasi seperti balok balok yang jatuh seperti dalam game tetris itu sendiri sehingga penderita mengalami gangguan mental dan sulit tidur.

3.Photosensitive Epilepsy









Photosensitive Epilepsy atau di singkat PSE adalah jenis epilepsi yang terpicu karena stimulasi visual yang terus menerus seperti pencahayaan,pola gerakan,dan visual sama yang berulang ulang.Gangguan ini adalah kasus langka namun belakangan sering menyerang gamer karena bermain video game yang terlalu lama.

4.Nintendonitis dan Wiitis




Nintendonitis tidak jauh beda dengan Playstasion thumb yang mengalami kelainan di jari tangan.Sedangkan Wiitis mengalami cedera tendon pada tangan dan pergelangan karena bermain Wii Sport terlalu lama.

5.Gangguan pada mata atau penglihatan






Yah ini sudah kebanyakan gamer mengalami gangguan pada mata karena terus menerus menatap layar dengan jarak dekat dalam waktu yang lama menyebabkan mata lelah dan kering.

6.Impulse Control Disorder


Impulse Control Disorder adalah gangguan kejiwaan yang mengalami kegagalan mengendalikan tindakannya impulsif yang dapat membahayakan dirinya sendiri maupun di sekitarnya.Nah gangguan jiwa ini juga di derita oleh gamer yang memainkan video game dalam waktu yang panjang.Harsat untuk memenangkan suatu pertarugan dalam game menyebabkan perubahan emosi mereka secara tidak sadar yang menyebabkan mereka sangat emosional dan mudah marah.

7.Carpal Tunnel Syndrome



Carpal Tunnel Syndrome adalah gangguan pada area pergelangan tangan yang menghubungkan syaraf dengan tendon.Biasanya di alami gamer jika tangan melakukan hal sama terus menerus dalam waktu yang lama seperti memainkan controller dan keyboard terlalu lama menyebabkan carpal tunnel mengeras.Akibatnya bentuk telapak tangan berubah tidak beraturan.

8.Obesitas






Banyak penelitian telah menemukan adanya hubungan antara bermain game dengan meningkatnya BMI (Body Mass Index), khususnya untuk anak-anak dan remaja. Bermain game - yang mana membuat seseorang tidak melakukan kegiatan apapun selain konsentrasi di depan monitor - membuat aktivitas tubuhnya menjadi terbatas dan metabolisme tubuh terganggu. Hal ini menyebabkan penumpukan lemak terjadi dan menjadi tidak terkendali.

9.Deep Vein Thrombosis





 
Deep Vein Thrombosis
adalah kondisi dimana darah membeku di suatu bagian tubuh karena aliran darahnya tersumbat.Hal ini karena kondisi bagian tubuh tersebut tertekuk yang menyebabkan aliran darah pada syaraf tersumbat dan bahayanya perendian tubuh akan mati dan menyebar ke bagian tubuh lainnya.Cara satu satunya kalau sudah parah adalah dengan cara amputasi.Gejalanya di tandai dengan gejala kesemutan dan mati rasa pada suatu bagian tubuh.Biasanya gamer terkena gangguan ini karena duduk terlalu lama.

10.Kematian mendadak





Hal ini bisa terjadi karena bermain game dalam jangka waktu yang sangat lama dan tidak memberikan waktu yang untuk mengistirahatkan tubuhnya.Akibatnya organ organ tubuh mengalami kelelahan yang sangat dan akhirnya mengalami organ organ tersebut mengalami gagal fungsi.Seperti kasus kasus kematian gamer yang di akibatkan oleh gagal jantung.

Idealnya bermain video game itu tidak lebih dari satu jam,di tambahkan dengan istirahat yang cukup.Yah bermain video game itu boleh boleh saja asalkan tidak merugikan diri sendiri atau orang di sekitar.Sekian dari saya dan terima kasih telah membaca.





0 komentar:

Posting Komentar